Rabu, 30 September 2015

Asal Muasal Nugget


Nugget adalah makanan siap saji yang belakangan ini sangat tenar dan akrab di lidah masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Nugget awalnya berbahan dasar daging ayam fillet, yang diolah sedemikian rupa sehingga terbentuk hasil olahan baru .
Nugget ayam adalah salah satu pangan hasil pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan.

Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat.
Nugget ayam adalah produk ayam yang dibentuk dari daging cincang dilapisi tepung roti dan telur, lalu digoreng atau dipanggang.
Makanan siap saji restoran ini biasanya nugget akan digoreng dalam minyak nabati atau minyak kelapa.

Nugget ayam diciptakan pada tahun 1950 oleh Robert C. Baker, seorang professor ilmu pangan di Cornell University, dan diterbitkan sebagai karya akademis unpatented. Inovasi dari Dr. Baker ini memungkinkan untuk membentuk nugget ayam dalam konsidi apapun .
Dan resep McDonald untuk ayam Mcnugget pertama kali dibuat pada komisi dai McDonald dengan Tyson foods pad tahun 1979 dan produk ini mulai dijual tahun 1980. Beberapa restoran Fastfood juga meluncurkan altervative nugget sayur.

McDonald dengan McNuggetya juga menawarkan nugget yang terbuat dari kacang, di Irlandia rantai makanan cepat R. Haecker yang menawarkan makanan vegetarian nugget dibuat dengan buncis dan kubis, dan Swedia makanan lestoran cepat Max Hamburger menawarkan cawan berisi nugget yang terbuat dari falafel. Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan. Dalam pengolahan di industri, nugget ayam melalui beberapa tahapan.
Pertama-tama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, gilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi tersebut diberikan pelapis basah dan pelapis kering.
Berikutnya, emulsi yang telah diberikan pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu sangat rendah hingga beku. Produk akhir kemudian dikemas.
Dalam penyimpanannya, makanan ini memerlukan perlakuan khusus, yaitu selalu di simpan dalam kondisi beku (frozen). Hal ini karena Chicken Nugget merupakan hasil produk olahan hewani yang masuk dalam kategori mudah rusak oleh mikro organisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar